Otitis media supuratif

Posted: Juli 16, 2012 in dokter

Otitis media supuratif, baik yang akut maupun kronis potensi untuk menjadi serius karena komplikasinya yang dapat mengancam kesehatan dan dapat menyebabkan kematian. Bentuk komplikasi ini tergantung pada kelainan patologik yang menyebabkan otore. Biasanya komplikasi didapatkan pada pasien OMSK tipe maligna, tetapi OMSK tipe benigna pun dapat menyebabkan suatu komplikasi, bila terinfeksi kuman yang virulen. Dengan tersedianya antibiotika mutakhir komplikasi otogenik menjadi semakin jarang. Pemberian obat-obat itu sering menyebabkan gejala dan tanda klinis komplikasi OMSK menjadi kabur. Hal tersebut menyebabkan pentingnya mengenal pola penyakit yang berhubungan dengan komplikasi ini.

 

Penyebaran Penyakit

Komplikasi otitis media terajdi apabila sawar ( barrier ) pertahanan telinga tengah yang normal dilewati, sehingga memungkinkan infeksi menjalar ke struktur di sekitarnya. Pertahanan pertama ini ialah mukosa kavum timpani yang juga seperti mukosa saluran napas, mampu melokalisasi infeksi. Bila sawar ini runtuh, masih ada sawar kedua, yaitu dinding tulang kavum timpani dan sel mastoid. Bila sawar ini runtuh, maka struktur lunak di sekitarnya akan terkena. Runtuhnya periostium akan menyebabkan terjadinya abses sub-periosteal, suatu komplikasi yang relatif tidak berbahaya. Tetapi bila infeksi mengarah kedalam, ketulang temporal, maka akan menyebabkan paresis n fasialis atau labirinitis. Bila ke arah kranial, akan menyebabkan abses ekstradural, tromboflebitis sinus lateralis meningitis dan abses otak.

Bila sawar tulang terlampaui, suatu dinding pertahanan ketiga yaitu jaringan granulasi akan terbentuk. Pada otitis media supuratif akut atau suatu eksaserbasi akut penyebaran biasanya melalui osteotromboflebitis (hematogen). Sedangkan pada kasus, yang kronis, penyebaran melalui erosi tulang. Cara penyebaran lainnya ialah melalui jalan yang sudah ada, misalnya melalui fenestra rotundum, meatus akustikus internus, duktus perilimfatik dan duktus endolimfatik.

Dari gejala dan tanda yang ditemukan dapat diperkirakan jalan penyebaran suatu infeksi telinga tengah ke intrakranial.

 

Penyebaran Hematogen

Penyebaran melalui osteotromboflebitis dapat diketahui dengan adanya (1) Komplikasi terjadi pada awal suatu infeksi atau eksaserbasi akut, dapat terjadi pada hari pertama atau kedua sampai hari kesepuluh (2) Gejala prodromal tidak jelas seperti didapatkan pada gejala meningitis lokal (3) Pada operasi, didapatkan dinding tulang telinga tengah utuh dan tulang serta lapisan muko periosteal meradang dan mudah berdarah, sehingga disebut juga mastoiditis hemoragika.

 

Penyebaran melalui erosi tulang

Penyebaran melalui erosi tulang dapat diketahui, bila

(1) komplikasi terjadi beberapa minggu atau lebih setelah awal

(2) gejala prodromoral infeksi lokal biasanya mendahului gejala infeksi yang lebih luas, misalnya paresis n, fasialis ringan yang hilang timbul mendahului paresis n fasialis yang total, atau gejala meningitis lokal mendahului meningitis purulen,

(3) pada operasi dapat ditemukan lapisan tulang yang rusak diantara fokus supurasi dengan struktur sekitarnya. Struktur jaringan lunak yang terbuka biasanya dilapisi oleh jaringan granulasi.

 

Penyebaran melalui jalan yang sudah ada

Penyebaran cara ini dapat diketahui bila

(1) komplikasi terjadi pada awal penyakit,

(2) ada serangan labirintis atau meningitis berulang, mungkin dapat ditemukan fraktur tengkorak, mungkin dapat ditemukan fraktur tengkorak, riwayat operasi tulang atau riwayat otitis media yang sudah sembuh, komplikasi intrakranial mengikuti komplikasi labirinitis supuratif

(3) pada operasi dapat ditemukan jalan penjalaran melalui sawar tulang yang bukan oleh karena erosi. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s