Pengabdian Masyarakat Koas IP Mata

Posted: Agustus 3, 2010 in dokter, info sehat, Mata

Pembangunan merupakan tanggung jawab bersama semua lapisan masyarakat termasuk juga perguruan tinggi beserta civitas akademika Fakultas Kedokteran, dalam hal ini bagian Ilmu Penyakit Mata sebagai bagian dari perguruan tinggi Universitas Sam Ratulangi turut mengemban tanggumg jawab tersebut.

Tr Dharma perguruan tinggi dalam satu bagiannya menyinggung perihal pengabdian kepada masyarakat. Hal ini disejawantahkan oleh bagian Ilmu Penyakit Mata Fakultas Kedokteran  Universitas Sam Ratulangi dalam salah satu kegiatannya yang diwajibkan kepada seluruh dokter muda yang menjalani Kepaniteraan Klinik Madya (KKM) di bagian tersebut. Kegiatan ini disebut pengabdian. Dalam kegiatan ini para dokter muda berpartisipasi membantu dokter spesialis mata melayani masyarakat.

Tujuan

Kegiatan pengabdian bagian Ilmu Penyakit Mata Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disamping hendak mendidik para dokter muda untuk  menjadi lulusan professional melalui proses belajar lapangan sehingga cukup pengetahuan dan keterampilan guna mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat.

Secara khusus kegiaatan ini bertujuan untuk mendidik para dokter muda untuk dapat mengintegrasikan secar professional dalam melayani masyarakat yang menderita sakit serta mampu mengkomunikasikan ilmu dan pengetahuan profesionalnya tersebut kepada masyarakat.

PELAKSANAAN

Hari/tanggal               : Senin, 3 Maret 2008

Tempat                        : RS Gunung Maria Tomohon

Waktu                          : 12.00 – 14.00

Dokter                         : dr. Ny. J. S. M. Manoppo-S, SpM

Residen                       : dr. Martin Sondak

Dokter muda               : Meilisa M. Watania, S.Ked

Frangky Kowengian, S.Ked

Laporan kegiatan

Tim kesehatan mata yang terdiri dari satu orang dokter residen mata dan dua orang dokter muda tiba di RS Gunung Maria Tomohon pada pukul 12.00 WITA. Tim kesehatan langsung ke poliklinik mata berupa ruangan ukuran 7 x 4 meter untuk melakukan pemeriksaan mata. Jumlah pasien yang datang berobat sebanyak lima orang. Kegiatan berakhir pukul 14.00 WITA.

Adapun alat-alat pemeriksaan mata yang sudah disiapkan oleh tim kesehatan berupa proyektor Snellen, trial lens set, oftalmoskop direk, sentolop dan penggaris. Sarana penunjang yang lain yaitu dua buah meja dan delapan buah tempat duduk.

Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan mata, yaitu pemeriksaan visus dan funduskopi.

KESIMPULAN

Jumlah penderita yang mendapat pelayanan kesehatan mata di RS Gunung Maria Tomohon sebanyak 5 orang, yang terdiri dari 4 orang perempuan dan 1 orang laki-laki.

Hasil pemeriksaan yang diperoleh adalah :

  1. Hipertensi retinopati              : 1 orang
  2. Myopia                                    : 1 orang
  3. Astenopia                                : 1 orang
  4. Pterigium                                : 1 orang

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bagian Ilmu Penyakit Mata adalah institusi yang berada di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi dan memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program ini diimplementasikan dalam bentuk pelayanan kesehatan masyarakat yang pada kesempatan ini dilaksanakan di RS Gunung Maria Tomohon.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dokter muda dalam menimba ilmu pengetahuan melalui pengalaman lapangan yang akhirnya dapat diabdikan setelah menyelesaikan pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi.

Kesan

Menurut pengamatan kami selama menjalankan pengabdian masyarakat di RS Gunung Maria Tomohon, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sangat berguna bagi dokter muda, untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam pemeriksaan pasien khususnya pasien dengan penyakit mata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s