Bukan tentang Maria Osawa

Posted: September 5, 2009 in Uncategorized

FANG YU YUAN
(STRICTNESS AND FLEXIBILITY)

Apa arti uang logam receh bagi Anda?
Barangkali bagi kebanyakan orang, uang tersebut hanyalah sekedar uang kecil yang kurang bermakana. Tapi, ratusan tauhun silam, ternyata uang logam punya makna yang sangat mendalam di daratan Tiongkok. Sebagai alat pembayaran, bentuknya pun unik. Di sisi luar bulat, namun tengahnya ada lubang berbentuk kotak.
Ternyata, di balik bentuk tersebut, tersimpan filosofi yang sangat mendalam. Setidaknya, bentuk tersebut mengandung dua pengertian dasar, yakni bulatan dan kotak. Dua komponen dasar yang punya dua arti berbeda tetapi saling melengkapi.

BENTUK KOTAK (Strictness)
Ini mewakili sebuah pengertian tentang prinsip menjadi orang, kekuatan karakter manusia. Bentuk kotak yang bersudut masing-masing 900 merupakan simbolisasi dari adanya prinsip yang kuat, pendirian yang kokoh, jujur, apa adanya, serta ketegasan dalam pendirian dan tindakan. Melalui simbol kotak ini, kekayaan mental terwakili dalam wujud kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab, serta integritas.

BENTUK BULAT ((Flexibility)
Ini mewakili sebuah pengertian tentang keluwesan atau fleksibilitas. Bentuk bulatan menjadi simbolisasi dari sifat mudah bergaul, lentur, supel, toleran, tanggap pada perubahan, dinamis dan aktif. Inilah gambaran sifat yang dibutuhkan dalam mengelola kehidupan di mana karakter yang fleksibel dan luwes akan membantu keseharian saat menyikapi segala perubahan.

Namun, yang lebih mendalamdari filosofi bulatan dan kotak dalam uang logam Tiongkok sebenarnya adalah bagaimana kedua unsur tersebut saling melengkapi dan mengisi satu sama lain. Unsur kotak dilingkupi dangan bulatan, dan sebaliknya, unsur bulatan tidak berdiri sendiri tanpa unsur kotak yang mendasarinya. Inilah unsur keseimbangan yang perlu dijaga dalam menjalani dan memaknai kehidupan ini.
Dalam pengertian luas, kotak yang tegas jika tidak disertai dengan bulatan yang luwes akan menghasilkan karakter yang kaku, keras kepala, bahkan cenderung otoriter. Sebaliknya, bulatan yang luwes tanpa disertai kotak yang tegas, fleksibilitasnya bisa menjerumuskan ke dalam sikap negatif dan bahkan culas bila tidak ada prinsip yang tegas tentang kekayaan mental yang dianut.
Inilah gambaran kebijaksanaan Tiongkok kuno yang sangat mendalam, tak lekang oleh zaman, dan bisa terus dijadikan pegangan hingga kini. Keluwesan dalam bertindak disertai dengan prinsip kematangan dan kekayaan mental akan mengantarkan seseorang pada sukses yang sebenarnya.
Banyak orang yang berhasil dalam berbagai aspek kehidupannya karena mengimplementasikan filosofi ini, disadari maupun tidak. Kesupelan bergaul dilandasi dengan ketegasan karakter dalam bertindak banyak membawa “keindahan” yang menjadi sarana menuju kesuksesan.
Namun sebaliknya, banyak pula keluwesan bergaul tanpa dilandasi prinsip kekayaan mental hanya menghasilkan kehampaan. Demikian juga, yang terjadi jika seseorang dengan sifat keras dan ketegasan dalam berprinsip namun tidak punya fleksibilitas dalam bergaul, hidup bisa jadi seperti robot, kaku dan sulit beradaptasi dengan datangnya perubahan.
Karena itu, kita sebagai insan, luar biasa dituntut untuk menjaga keseimbangan ini. Laksana koin Tiongkok yang selalu memiliki dua unsur, bulat dan kotak. Dalam mengelola hidup ini kita dituntut memiliki karakter di dalam ‘kotak’, yakni punya prinsip, mandiri, disiplin, integritas, jujur, tegas, tanggung jawab dan sifat positif lainnya, sedangkan di luar dibungkus dengan ‘bulat’, yakni fleksibilitas, luwes, toleran, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan, dan bijaksana.
Jika kekuatan karakter ‘bulat dan ‘kotak’ mampu kita jalankan dengan seimbang, terus belajar dan berjuang, dibarengi dengan keluwesan dalam bertindak dan memperluas wawasan serta hubungan antar manusia, maka kita akan mampu menikmati kehidupan ini penuh dengan kesuksesan, kedamaian, kesejahteraan dan keberkahan….
Salam Sukses Luar Biasa!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s